Onlinesumut-MEDAN : Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara yang diterima Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution berisi 11 temuan yang harus segera ditindaklanjuti Pemko Medan paling lama 60 hari setelah LHP diserahkan. Sesuai dengan detail rekomendasi yang disiapkan per Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

LHP tersebut diserahkan Ketua BPK Perwakilan Sumatera Utara Vincentia Moli Ambar Wahyuni kepada Akhyar di gedung BPK Perwakilan Sumut pada Kamis (16/11). Turut mendampingi Akhyar, Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Ramli, Inspektur Kota Medan Farid Wajedi, Asmum Setda Kota Medan, Ikhwan H Daulay, dan beberapa pimpinan OPD Pemko Medan.

Ambar mengatakan, LHP merupakan hasil audit BPK terhadap penerimaan PAD Kota Medan pada 2016. Dari 11 temuan pihaknya, Ambar meminta Pemko Medan memberi perhatian pada penanganan reklame di 13 zona terlaran yang sampai saat ini masih berdiri reklame.

“Reklame itu tidak membayar pajak sehingga menimbulkan kebocoran PAD, begitu juga dengan pajak parkir, dan lainnya lagi,” kata Ambar.

Lanjutnya, PAD Kota Medan masih bisa ditingkatkan lagi. Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Pemko Medan harus mampu meningkatkan PAD-nya karena potensi Kota Medan sangat besar.

Akhyar lalu mengucapkan terima kasih, LHP yang diterimanya akan dijadikan evaluasi penerimaan PAD Kota Medan. Dia bilang, Pemko Medan tengah melakukan kajian untuk revisi Perda Reklame yang dalam waktu dekat akan diserahkan pembahasannya ke DPRD Medan. Ini menjadi harapan penerimaan pajak reklame akan meningkat.

“Kita juga akan melaunching sistem pembayaran pajak secara online bekerjasama dengan bank daerah, dengan demikian sistem penyerapan PAD pastinya akan lebih ketat. Program kerja kita tahun ini memang konsentrasi di infrastruktur dasar, tahun depan kita fokus penataan estetika dan kebersihan kota, jadi secara bertahap semuanya dilakukan pembenahan,” ucap Akhyar.

Sebelumnya, Pemko Medan juga menerima LHP hasil pemantauan untuk Semester II 2017 yang diserahkan sekaligus kepada seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Ditargetkan dalam waktu seminggu ini segera ditindaklanjuti masing-masing daerah. OS-02

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here