Onlinesumut-ASAHAN : Polres Asahan menggelar apel pasukan Operasi Zebra Toba 2017 dipimpin Kapolres AKBP Kobul Syahrin Ritonga, Rabu (1/11). Selain personel kepolisian, apel ini juga dihadiri personel TNI dari Pus Denpom dan Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan.

Kepala Kops Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowo dalam amanatnya yang dibacakan Kobul mengatakan, Operasi Zebra terpusat di bidang lalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Asahan.

Diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Sebagai wujud keseriusan pemerintah terhadap berbagai permasalahan lalulintas yang terjadi, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden Tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan. Instruksi bertujuan untuk mewujudkan keselamatan berlalulintas di jalan raya, khususnya menjelang Hari Natal dan Perayaan Tahun Baru 1 Januari 2018.

“Operasi Zebra dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai 1 November sampai 14 November 2017 secara serentak di seluruh Indonesia,” ucap Kobul.

Sasaran prioritas operasi ini adalah mereka yang melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan sepeda motor (R2), kendaraan umum yang menaikkan penumpang di atas kap (atap), dan kendaraan bak terbuka bukan untuk memuat orang.

“Harus dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas itu, pelaksanaan Operasi Zebra diharapkan mendorong tercapainya tujuan operasi,” tegasnya.

Lanjut dia, mekanisme dan dinamika penyelenggaraan operasional Polri diwujudkan dalam bentuk kegiatan kepolisian, kerjasama kepolisian maupun operasi kepolisian. Dia mengucapkan terima kasih dan penghormatan kepada para stakeholder yang ikut berperan aktif dalam operasi ini dan penghargaan kepada seluruh personel yang datang pada apel tersebut.

“Mulai saat ini, kita harus berperan serta dan berpartisipasi sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Budayakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama,” ujarnya. OSD-02

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here