Onlinesumut-MEDAN : Untuk menghasilkan uang dengan cara cepat, seseorang acapkali berbuat nekad dan menghalalkan segala cara, termasuk harus menipu pihak berwajib.

Inipula yang dilakukan pasangan bapak anak di Medan ini. Berdalih sedang membutuhkan uang, Aldi Hidayatullah (19), bersama bapak kandungnya Warsito (51), warga Jalan Tuba Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Medan Denai ini, nekat membuat pengaduan palsu ke Polsek Percut Sei Tuan.

Akibat ulah mereka yang mengada-ngada itu pula, keduanya kompak mendekam di penjara Polsek Percut Sei Tuan.

Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan Iptu Philip Antonio Purba mengatakan, awalnya Aldi Hidayatullah mendatangi Polsek Percut Sei Tuan, Selasa 24 Oktober 2017 sekitar pukul 17.30 WIB, dengan maksud membuat laporan pengaduan.

Dalam laporannya, pelaku melaporkan bahwa sepeda motor jenis Honda Vario BK 2946 AGZ, miliknya telah dibegal saat  melintas di Jalan Batu Sihombing Komplek TVRI, yang terjadi pada Sabtu (21/10) malam

“Pelaku mengaku dipepet oleh dua orang yang mengendarai satu unit sepeda motor. Pelaku juga mengaku ditodong dengan pisau, dan kemudian sepeda motornya dibawa lari,” kata Philip kepada wartawan, Jumat (27/10)siang.

Mendapat laporan dari pelaku, sambung Philip, petugas Reskrim bergerak ke TKP guna melakukan penyelidikan. Di TKP,  petugas tidak mendapati bukti maupun keterangan saksi yang menyebutkan adanya tindak kejahatan (begal) yang di laporkan pelaku tersebut.

“‎Atas dasar kejanggalan tersebut, kemudian kita menginterogasi ulang pelaku. Saat diinterogasi, pelaku akhirnya mengakui bahwa sepeda motornya dijual karena pelaku membutuhkan uang,” ungkap Philip.

Pelaku nekat membuat laporan palsu, lanjut Philip, atas saran dari Warsito yang tak lain adalah bapak kandungnya sendiri. Dan atas saran bapaknya juga, bahwa pelaku telah menjadi korban begal.

Selanjutnya, bapak dan anak ini diamankan petugas guna diproses secara hukum. Dari tangan pelaku,  petugas menyita barang bukti surat laporan Polisi Nomor LP / 2241 / X / 2017 tanggal 24 Oktober 2017, satu ‎lembar foto copy BPKB sepeda motor Honda Vario BK 2946 AGZ.

“Selain itu, satu lembar fotocopy rekening koran pembayaran angsuran sepeda motor dan ‎satu lembar surat keterangan jaminan dari PT Summit OTO Finance 2017, juga kita sita sebagai barang buktinya,” terang Philip.OS-05.

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here