Onlinesumut-MEDAN : Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicap) Gerakan Pramuka Kota Medan Dzulmi Eldin diwakili Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kota Medan M Husni membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwarcab Gerakan Pramuka 2017 di Inna Dharma Deli Hotel, Minggu (1/10).

Rakerda ini diharapkan dapat melahirkan rumusan yang nantinya akan membawa perubahan paradigma kepramukaan di Kota Medan. Didampingi Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Medan Ridho Nasution, Husni berharap Rakerda dapat mengimplementasikan semua fungsi-fungsi Pramuka yang ada, baik di tingkat siaga, penggalang, penegak dan pandega, termasuk kekuatan pelatih sebagai basis utama dalam kepramukaan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan mengingatkan, hasil Rakerda menjadi ujicoba polarisasi dan maksimalisasi seluruh fungsi Pramuka dalam membesarkan lembaganya. Filosofi Pramuka adalah melahirkan anak bangsa menjadi generasi yang handal, baik, terampil dan maju sehingga tercipta generasi muda yang kreatif.

“Kwaran sebagai pemangku wilayah harus dapat menganalisa potensi yang ada di wilayahnya. Analisis potensi ini sangat penting sebagai basis penguatan anak bangsa. Contohnya, wilayah Medan Tuntungan yang selama ini merupakan basis pertanian di Kota Medan,” kata Husni, Minggu (1/10).

Kwartir Ranting (Kwaran), lanjut dia, harus bisa memanfaatkan semua hal untuk penguatan anggota Pramuka, terutama kalangan penegak dan pandega.
Mantan Kadispenda Medan itu menegaskan, gerakan Pramuka tidak harus kaku dengan hanya baris-berbaris saja. Ada sektor ekonomi yang harus dikembangkan menjadi penguatan anggota sekaliguas mengedukasi.

“Dengan begitu, ke depannya anggota Pramuka bisa jadi pengusaha, tentunya pengusaha yang berkarakter,” tegasnya.

Dalam rapat yang mengusung tema Konsolidasi Organisasi dan Program kerja Kwarcab Pramuka Kota Medan 2018, Husni menginginkan seluruh anggota Pramuka menjadi generasi muda yang produktif dan kreatif. Jika nantinya berhasil meniti karir, mereka tentu akan peduli dengan Pramuka.

“Insya Allah, jika semakin banyak yang peduli dengan Pramuka, maka Pramuka di Kota Medan semakin kuat lagi ke depannya,” ujarnya optimis.

Rakerda ini diikuti seluruh perwakilan kwaran dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, masing-masing kwaran mengirim tiga orang peserta yakni ketua ranting, sekretaris dan ketua satuan. Pelaksanaan Rakerda berlangsung alot, sebab masing-masing peserta memberikan masukan untuk menjadi rumusan dalam rangka memajukan dan pengembangan Pramuka. Apalagi Kakwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan ingin menjadikan Kota Medan sebagai Kota Pramuka. OS-03

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here