Onlinesumut-BATUBARA : Lima pria tak berkutik saat diringkus personel Polsek Indrapura, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara pada Rabu (27/9) menjelang subuh. Mereka yang mengaku berprofesi sebagai wartawan ini adalah: Jusalim Tanjung (36), warga Jalan Karya 2 Nomor 8A Medan. Saat ditangkap, pelaku menggunakan pakaian dinas PDH polisi dengan pangkat inspektur satu.

Kemudian, Sutan Simanjuntak (47), warga Jalan Tirta Sari Medan dan Tanjo Siregar (47), warga Jalan Perhubungan, Laudendang. Kemudian, Leo Nardo Silalahi (49), warga Jalan Sukaria Medan, serta Agus Saragih (36), warga Desa Bandartinggi, Kecamatan Bandarmasilam, Kabupaten Simalungun. Para pelaku diduga telah memeras korbannya dengan menculik dan meminta uang tebusan sebesar Rp 50 juta.

Kapolsek Indrapura AKP Kusnadi mengatakan, perbuatan para pelaku memakan korban Edy Setyawan Sinaga (27), warga Dusun 3 Desa Liasbaru, Kabupaten Batubara. Pada Selasa (26/9) sekira pukul 20.00 WIB, korban dihubungi Fii, temannya. Fii meminta korban agar datang ke simpang tiga Liasbaru. Tanpa rasa curiga, korban berangkat mendatangi Fii dengan mengenderai sepeda motornya.

“Sampai di lokasi, korban langsung ditangkap dan dipukuli lalu dibawa ke simpang Bandartinggi. Korban kemudian dimasukan ke dalam mobil dan dibawa berkeliling Sungai Langge sampai Tanjungkasau,” kata Kusnadi, Sabtu (30/9).

Di dalam mobil, para pelaku menuduh korban sebagai bandar narkoba. Dia disuruh menghubungi keluarganya untuk menyelesaikan masalah dan diminta menyediakan uang sebesar Rp 50 juta. Karena uang tersebut tidak bisa disediakan keluarga, korban dibawa ke Medan. Tak lama, paman korban Gomgom Sinaga menghubungi para pelaku, mereka bernegosiasi dan meminta kembali ke Bandartinggi. Yakin akan mendapatkan uang, para pelaku memenuhi permintaan paman korban.

“Mereka berjanji bertemu di SPBU Bandartinggi. Begitu sampai di TKP, para pelaku kita amankan. Para pelaku telah melakukan pemerasan dengan modus pemalsuan identitas Polri atau polisi gadungan. Kita masih mencari keberadaan sepeda motor korban dan melakukan pemeriksaan kepada para pelaku,” pungkas Kusnadi. OS-03

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here