Onlinesumut-MEDAN : Jelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, sejumlah bakal calon baik yang akan berlaga di tingkat provinsi dan di level kabupaten kota terus bermunculan.

Sayangnya, masih adanya perbedaan dalam tingkat pemahaman politik masyarakat di tiap-tiap daerah, justru membuat masyarakat apatis. Terlebih, banyaknya para kandidat yang mendadak muncul, tanpa peduli dengan respon publik terhadapnya, juga tak menghiraukan hubungan emosional dengan rakyat sebagai pemilih nantinya.

Untuk mengetahui pasti situasi politik yang terjadi, Onlinesumut.com, sebagai salah satu media online yang berada dibawah naungan PT Media Hijau Sumatera Utara, mulai melakukan survey pilkada untuk pemilihan calon bupati di Kabupaten Dairi dan pemilihan Gubernur Sumut.

Direktur Utama onlinesumut.com, Teuku Yudhistira menyebutkan, survey ini dilakukan selama 4 hari di 15 kecamatan di Kabupaten Sidikalang yakni, Brampu, Gunung Sitember, Lae Parira, Parbuluan, Pegagan Hilir, Sidikalang  Siempat Nempu, Siempat Nempu Hilir, Siempat Nempu Hulu, Silahisabungan, Silima Pungga Punga, Sitinjo, Sumbul, Tanah Pinem dan Tigalingga.

“Kenapa kita lakukan survei ini pertama kali di Kabupaten Dairi, Sidikalang. Karena, daerah ini termasuk dalam daera tertinggal di Sumut jika ditelaah dari berbagai sektor khususnya infrastruktur, serta memiliki masyarakat khas yang cukup unik” kata Yudhistira di Sidikalang, Minggu (27/8/2017).

Dikatakannya juga, meski onlinesumut baru diluncurlan 17 Agustus 2017 lalu, pihaknya sengaja melakukan survey untuk mengetahui seberapa besar respon masyarakat terhadap pemilihan kepala daerah di Dairi dan Sumatera Utara. Selain itu, juga ingin mengetahui seberapa kenal masyarakat kepada bakal calon kepala daerah kabupaten Dairi dan bakal calon Gubsu.

“Dengan mengerahkan sejumlah relawan, kita juga ingin mengetahui, apakah warga setuju dengan money politik atau tidak, berdasarkan apa mereka ikut memilih dan calon pemimpin yang bagaiamana yang mereka inginkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, survey ini dilakukan secara independen dan dibiayai sendiri oleh onlinesumut.com. Rencananya, hasil survey akan diumumkan minggu depan di media onlinesumut.com. OS-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here